PRIMA EDUCATION CENTRE

Cara Mengubah Excel ke PDF

Mengubah berkas Excel ke PDF akan memungkinkan siapa pun untuk membukanya, meskipun mereka tidak memasang Office. Ini juga bisa memudahkan Anda untuk mencetak dan mendistribusikan lembar kerja Excel Anda. Excel memungkinkan Anda untuk membuat versi PDF dari dalam program tersebut secara langsung, tetapi Anda juga bisa menggunakan layanan konversi daring jika Anda ingin mengubah sebuah berkas tetapi tidak memiliki Excel di komputer Anda.

1
Menggunakan Excel (Windows)

  1. 1
    Pilih bagian lembar kerja yang ingin Anda ubah ke PDF (opsional). Jika hanya bagian lembar kerja tertentu yang ingin Anda ubah menjadi PDF, pilihlah sekarang. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.
    • Ingatlah bahwa berkas PDF tidak dapat diubah kembali ke dalam lembar Excel dengan mudah, tetapi cara ini akan mempertahankan salinan asli berkas Anda.
  2. 2
    Klik tab "File". Jika Anda menggunakan Excel versi lama, klik menu "File".
  3. 3
    Klik "Export". Jika Anda menggunakan Excel 2010 atau yang lebih baru, pilih "Save As" sebagai gantinya.
  4. 4
    Klik "Create PDF/XPS". Jika Anda menggunakan Excel 2010 atau yang lebih baru, pilih "PDF" dari menu drop-down "Save as type" di jendela "Save As".
  5. 5
    Klik tombol .Options.... Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan penataan untuk berkas PDF yang akan Anda buat.
  6. 6
    Pilih apa yang ingin Anda masukkan ke PDF tersebut. Di jendela Options, Anda dapat memilih rentang halaman yang disertakan, apakah PDF tersebut termasuk seleksi Anda, seluruh buku kerja (workbook), atau hanya lembar yang aktif, dan apakah PDF tersebut termasuk properti dokumen yang asli.
    • Klik OK jika Anda puas.
  7. 7
    Pilih pengoptimalan Anda (optional). Di atas tombol Options..., Anda dapat memilih pengoptimalan yang Anda inginkan pada berkas PDF tersebut. Kebanyakan orang bisa memilih "Standard" kecuali lembar kerjanya sangat besar.
  8. 8
    Beri nama dan simpan berkas tersebut. Beri nama pada berkas PDF Anda dan klik tombol Publish untuk membuat PDF (tombol Save jika Anda menggunakan 2010 atau yang lebih baru).
  9. 9
    Tinjau PDF Anda. Secara default, berkas PDF tersebut akan terbuka setelah dibuat sehingga Anda dapat meninjaunya. Jika Anda tidak dapat membuka berkas PDF tersebut, Anda mungkin belum memasang pembaca PDF.[1]
    • Tidak mungkin untuk menyunting PDF tersebut sekarang, jadi jika Anda perlu membuat perubahan, Anda harus melakukannya di Excel lalu buatlah berkas PDF baru.

2
Menggunakan Excel 2011 (Mac)

  1. 1
    Pastikan header dan footer di semua lembar kerja Anda sama (opsional). Excel 2011 hanya akan menyimpan semua lembar Anda sebagai satu berkas PDF jika header dan footer untuk tiap-tiap lembar kerjanya sama. Jika tidak sama, setiap lembar akan dibuat sebagai satu dokumen PDF yang terpisah, tetapi Anda juga dapat menggabungkannya dengan mudah setelah itu.[2]
    • Pilih semua lembar di buku kerja Anda. Klik tab untuk lembar pertama, tahan  Shift, dan klik tab untuk lembar terakhir untuk memilih semuanya.
    • Klik tab Layout kemudian klik "Header & Footer".
    • Klik tombol Customize Header... dan Customize Footer... untuk menyunting header dan footer untuk semua lembar kerja.
  2. 2
    Pilih semua bagian lembar kerja yang ingin Anda ubah ke PDF (opsional). Jika hanya bagian lembar kerja tertentu yang ingin Anda ubah menjadi PDF, pilihlah sekarang. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.
    • Ingatlah bahwa berkas PDF tidak dapat diubah kembali ke dalam lembar Excel dengan mudah, tetapi cara ini akan mempertahankan salinan asli berkas Anda.
  3. 3
    Klik menu File dan pilih "Save As". Jelajahi lokasi yang Anda inginkan untuk menyimpan berkasnya, dan beri nama berkas tersebut.
  4. 4
    Klik menu pull-down Format dan pilih "PDF". Ini akan menyimpan salinan dari lembar kerja tersebut sebagai sebuah berkas PDF.
  5. 5
    Pilih apa yang ingin Anda masukkan ke PDF tersebut. Di bagian bawah jendela, Anda dapat memilih antara "Workbook", "Sheet", atau "Selection".
  6. 6
    Klik .Save untuk membuat berkas PDF. Jika header-nya tidak cocok, akan dibuat berkas yang terpisah untuk masing-masing lembar. Ingatlah bahwa ini kadang-kadang terjadi meskipun header dan footer-nya sama persis.
  7. 7
    Gabungkan berkas PDF yang terpisah tersebut (jika perlu). Jika proses konversi menghasilkan beberapa berkas PDF, Anda dapat menggabungkan berkas tersebut dengan mudah menggunakan Finder.
    • Buka folder yang berisi berkas PDF dan pilih semua berkas yang ingin Anda gabungkan.
    • Klik menu File dan pilih "Create" → "Combine Files into Single PDF".
  8. 8
    Tinjau PDF Anda. Buka berkas PDF tersebut dengan mengklik dua kali berkasnya. Ini akan membukanya di Preview, yang memungkinkan Anda untuk meninjaunya sebelum Anda mengirimkannya. Tidak mungkin untuk menyunting PDF tersebut sekarang, jadi jika Anda perlu membuat perubahan, Anda harus melakukannya di Excel lalu buatlah berkas PDF baru.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar